Rabu, 07 Juli 2010

Perbedaan Format FAT32 dengan NTFS

0 komentar
Mungkin banyak dari anda yang bingung dengan Format system yg bagus,dan banyak orang ahli menyarankan untuk memakai format system NTFS .Kenapa format NTFS bagus ???.
mungkin itu yang ada di pikiran anda.
saya akan menjawabnya secara ringkas .

FAT32
Kata FAT sendiri adalah singkatan dari File Allocation Table,Tabel alokasi berkas atau File Allocation Table merupakan sebuah tabel yang dipelihara di dalam hard disk atau media penyimpanan lainnya oleh sistem operasi yang bertindak sebagai "daftar isi media penyimpanan", yang menunjukan di mana direktori dan berkas disimpan di dalam disk.Ketika sebuah media penyimpanan diformat dengan menggunakan FAT, sistem berkas ini akan membuat sebuah tabel alokasi berkas yang disimpan pada lokasi yang dekat dengan permulaan media penyimpanan tersebut.Media penyimpanan yang dimaksud adalah media penyimpanan seperti sebuah hard disk, sebuah partisi dalam sebuah hard disk, atau media penyimpanan portabel.

Entri-entri di dalam direktori akar dan juga sub-direktori tidak diurutkan sehingga proses pencarian terhadap berkas-berkas tertentu dapat memakan waktu yang lama, apalagi jika volume tersebut mengandung banyak berkas dalam sebuah direktori.
Tabel alokasi berkas dan juga direktori akar selalu diletakkan pada awal sebuah volume, atau biasanya terletak pada lokasi track terluar dari sebuah disk. Entri-entri tersebut merupakan entri-entri yang sering sekali dibaca dari sebuah disk, utamanya pada sistem operasi yang mendukung multitasking, yang membutuhkan banyak pergerakan head hard disk yang lamban.

NTFS
NTFS atau New Technology File System, memiliki sebuah desain yang sederhana tapi memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan keluarga sistem berkas FAT. NTFS menawarkan beberapa fitur yang dibutuhkan dalam sebuah lingkungan yang terdistribusi, seperti halnya pengaturan akses (access control) siapa saja yang berhak mengakses sebuah berkas atau direktori, penetapan kuota berapa banyak setiap pengguna dapat menggunakan kapasitas hard disk, fitur enkripsi, serta toleransi terhadap kesalahan (fault tolerance).

Keunggulan yang ada pada format system NTFS :
-NTFS dapat mengatur kuota volume untuk setiap pengguna.
-NTFS mempunyai sistem proteksi yang lebih tinggi (kompresi data yang bagus serta enkripsi data yang susah ditembus) dari pada FAT32.
-NTFS mendukung sistem berkas terenkripsi secara transparan dengan menggunakan jenis beberapa jenis algoritma enkripsi yang umum digunakan.
-Kecepatan akses data NTFS lebih cepat daripada FAT32.
-NTFS mendukung hard link (tautan keras) serta symbolic link (tautan simbolis).
-NTFS mendukung penamaan berkas dengan metode pengodean Unicode (16-bit UCS2) hingga 255 karakter. Berbeda dengan sistem berkas FAT yang masih menggunakan pengodean ANSI (8-bit ASCII) dan hanya berorientasi pada format 8.3. Penggunaan nama panjang dalam sistem berkas FAT akan menghabiskan lebih dari dua entri direktori.
-NTFS memiliki fitur untuk menampung lebih dari satu buah ruangan data dalam sebuah berkas. Fitur ini disebut dengan alternate data stream.

Semoga setelah membaca tulisan ini anda tidak bingung lagi memilih Format System yang baik antara FAT32 ataupun NTFS.Bila ada kekurangan silahkan ditambahkan . :D

0 komentar:

Posting Komentar